SOSIALISASI DESA PROGRAM SANITASI MASYARAKAT SPALD-S (Sistem Pengolahan Limbah Domestik Setempat

Grabagan-Post, Sosialisasi Program Sanitasi Masyarakat SPALD-S Post by. Luluk Kustati

Grabagan-Post, Pemerintah Desa Grabagan Mengadakan rapat Sosialisasi terkait Program Sanitasi (Sandes). Rapat dibuka oleh Kepala Desa Grabagan (Eko Setyawan), dan dilaksanakan dibalai Desa Grabagan pada Kamis, (16/06). Sosialisasi dipimpin Fasilitator Masyarakat (FM) bapak (Taufik Ismail). Sosialisasi Sandesdihadiri oleh seluruh peserta rapat yang terdiri dari unsur Perangkat Desa, LPMD, BPD, Kader Kesehatan dan Calon Peneriman manfaat bantuan jamban sehat.

Sandes Merupakan program yang bertitik pada Penyediaan Sarana Prasarana Air dan Pengolahan Limbah, dengan sasaran desa dengan gizi buruk ( Stunting), BABS Tinggi dan Masyarakat Berpengahasilan Rendah (MBR). Program ini selain bertujuan untuk peningkatan kesadaran masyarakat akan BABS pada jamban, juga peningkatan kesejahteraan warga serta memberikan pemahaman akan kesadaran PHBS. Karena pada dasarnya Sanitasi yang buruk pada masyarakat akan sangat merugikan Pemerintah, Sebab Produktivitas masyarakat.

Dengan adanya Program Sandes harapannya orang Indonesia, khususnya masyarakat Desa Grabagan mempunyai akses aman sanitasi, Karena imbas dari Septicktank muka air tinggi akan mencemari sumur tetangga dengan bakteri e-koli tinggi yang menyebabkan dampak yang besar pada kesehatan masyarakat.

Desa Grabagan untuk Tahun 2022 mendapatkan Alokasi sebanyak 45 titik lokasi yang tersebar disatu desa. Dalam Acara Sosialisasi ini juga langsung dibentuk KelompokSwadaya Masyarakat (KSM). Sekaligus Kelompok Pemanfaat & Pemelihaan (KPP). Program Sandes didesa Grabagan harapannya bisa memberikan manfaat dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa Grabagan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.