KULINER

DAUN SINGKIL

Daun singkil atau dong Singkil merupakan tanaman perdu yng tumbuh liar dikebun, tak jarang juga sengaja ditanam dihalaman rumah sebagai pagar kebun, jadi tidak begitu susah menemukanya. Tanaman ini merupakan tanaman dengan ciri batang agak coklat kehitaman pada tangkai yang sudah tua, dan pucuk batang muda berwarna hijau muda dan sangat mudah hanya dipetik hanya dengan jari tangan saja. Sedangkan daun mempunyai ruas menyerupai daun sirih. Dan benerapa daerah ada juga yang menyebutnya dengan dong waung atau daun waung.

Daun singkil ini dapat dikonsumsi dengan memasak daun yang masih muda dengan berbagai macam menu, salah satunya adalah resep “jangan edan” atau bisa dikatakan sayur gila, mengapa disebut sayur gila??  Karena sayur ini bisa dikatakan dimasak dengan semua jenis bumbu dapur, seperti cabe, bawang merah dan putih, ketumbar, terasi,salam, lengkuas dan masih ada beberapa bumbu rempah lainya. Selain namanya yang gila, memang sayur ini bisa menghabiskan banyak nasi walau hanya ditambah lauk dengan ikan asin atau kerupuk saja.  Bukan hanya dengan  daun singkil muda ini saja agar mendapat menu yang enak, katena masih ada tambahan beberapa jenis sayuran lagi tentunya.Seperti kacang panjang,  dan labu kuning, yang lazimnya sebagai bahan dasar kolak.

Daun Singkil muda jika dimasak akan mempunyai cita rasa yang khas dibanding jenis daun lainya, akan ada sendasi  krenyes- krenyes dan sedap seperti pasir saat dilidah.

Disamping itu ada juga yang percaya bahwa daun ini mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan. Jika dimakan pada saat nafsu

Daun Singkil alternatif resep masakan sederhana yang sedap

makan menurun, jenis masakan ini  akan membantu meningkatkan nafsu makan, karena masakan ini biasa disajikan pedas. Selain itu juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan batuk dan mengurangi bau badan.

Tidak sukar menemukan menu masakan jenis ini, karena masyarakat Desa Grabagan sendiri sudah sangat akrab dan sering memasak menu ini, karena selain murah meriah hanya dengan memetik dikebun dan tidak perlu banyak bahan pelengkap pembuatanya, juga percaya akan khasiat daun tersebut bagi kehidupan sehati- hari.