Melestarikan Budaya Jawa Tengah

Suasana Kelas Gamelan

GRABAGAN

Sabtu (20/10), antusiasme murid- murid SD N  Grabagan Kec. Kradenan dalam memukul satu demi satu gamelan yang menjadi bagian masing- masing para siswa tersebut sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap budaya  dan seni Jawa Tengah. Sutiyo Hadi Prayitno (62) seorang mantan Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai dedikasi tinggi  terhadap pelestarian budaya jawa khususnya Karawitan, dengan sabar melatih satu demi satu  anak- anak ini, dengan terlebih dahulu mengenalkan nama gamelan dan jenis not nada.

Sekedar mengingat bahwa murid- murid Sd N 3 Grabagan pernah memenangkan  juara lomba Karawitan tingkat kabupaten. Tidak  hanya hari ini, diruang PKK Desa Grabagan suara gamelan itu terdengar merdu hampir setiap hari karna bukan saja anak- anak SD itu  saja yang berlatih, karna ada juga anak SMP dan SMK yang berlatih setiap hari, bahkan ibu- ibu PKK Desa Grabagan pun ikut latihan, dan pernah tampil dalam  Perayaan HUT RI ke 73 desa Grabagan beberapa waktu yang lalu.

Sebagai bentuk perhatian Pemerintah, dengan adanya Dana Desa (DD) dalam bidang Pembinaan Kemasyarakatan, maka pemerintah Desa Grabagan sendiri telah menganggarkan Kegiatan Pengadaan seperangkat Alat Gamelan, harapanya agar semakin meningkatkan kecintaan masyarakat pada kesenian Jawa terutama seni Gamelan dan Karawitan.

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.