KEMENDES PDT Lakukan Monev Program Desa, Desa Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan.

  • Sep 25, 2024
  • LULUK KUSTATI

Grabagan_Post, Selasa (24/09) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan kunjungan resmi ke Desa Grabagan, Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan, dalam rangka monitoring dan evaluasi Desa Cerdas.

Rombongan Kemendes PDTT di sambut hangat oleh Kepala Desa Grabagan, walaupun dalam suasana sedang turun hujan, tidak menyurutkan semangat Para Tim dan Kepala Desa serta perangkat Desa untuk melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi tersebut.  Turut hadir pula Tim Monitoring dari Dispermasdes kabupaten Grobogan, Camat Kradenan, Duta Digital, Kader Digital, yang bertempat di Balai Desa Grabagan.

Dalam Kunjungannya  Arif Kurniawan sebagai Ketua dari Tim Monitoring dari Kemendes menuturkan bahwa Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau implementasi program Desa Cerdas yang telah berjalan dan memastikan pencapaian target yang di tetapkan pemerintah Pusat. Serta menyampaikan bahwa pada bulan Oktober 2024 pendampingan Desa Digital ini berakhir, harapnnya desa tetap melanjutkan inovasi dan pengembangan dengan berbagai kegiatan yang menunjang kegiatan Digital Desa.

Kepala Desa Gabagan  , Eko Setyawan  menyampaikan bahwa program Desa Cerdas telah membawa dampak positif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat.  Eko Setyawan juga menyampaikan bahwa Program Desa Cerdas ini mengajak seluruh Masyarakat Desa Grabagan untuk menjadi Masyarakat yang melek Digital, sebagaimana yang sudah dijargonkan desa Grabagan, yaitu SEMMEDI “Semua Masyarakat Desa Grabagan Melek Digital”, Program ini juga sangat memudahkan seluruh Masyarakat dalam akses surat menyurat, Pengembangan marketing oleh Para pelaku UMKM yang ada di desa dan pelayanan adminstrasi lainnya melalui akses layanan Mandiri. Harapannya Desa Grabagan di Tahun 2025 seluruh Masyarakat mendaftakan diri dan bisa menggunakan  Layananan Mandiri. Dan Masyarakat luar biisa mengaskes web Resmi desa dengan mengunjungi grabagan.id

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Joko Susilo  Tim Monitoring dari Dinas Pemberdayaan Kabupaten Grobogan, bahwa setelah berakhirnya pendampingan Desa Cerdas oleh Kader Digital, Desa- desa Lokus Desa Cerdas masih akan terus mengembangkan Kegiatan terkait Sistem Informasi desa (SID) karena pada dasarnya “Program ini sangat  membantu masyarakat untuk mengakses informasi yang ada di desa dan akan membantu dalam proses pelayanan yang ada di desa” ujarnya.

Salah satu fokus dalam evaluasi ini adalah keberlanjutan dari inovasi ang diterapkan. Tim Kemendes PDTT juga berdialog langsung dengan Duta dan Kader Digital untuk mendapatkan masukan dan evaluasi terkait program ini. Pada kesempatan itu, mereka menyoroti pentingnya penguatan kapasitas SDM di tingkat desa agar dapat memanfaatkan teknologi secara optimal.

Program Desa cerdas yang di implementasikan di Desa Grabagan ini  merupakan bagian dari upaya nasional untuk mempercepat pembangunan di tingkat desa melalui adopsi teknologi danDigitalisasi. Diharapkan hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk penyempurnaan program dan Dsa Grabagan bisa menjadi   replikasi desa- desa lain yang menghadapi tantangan serupa.

Post by Admin